3 Maret 2013

Editor, Dosen, Bankir, atau..




Hai, selamat malam.
                Saya beberapa hari ini sedang sibuk memikirkan masa depan. Lebih tepatnya pekerjaan yang akan saya tekuni. Sudah tiga hari ini saya mengakhiri malam dengan mencari informasi pekerjaan di internet, dan hingga sekarang saya belum menentukan pilihan. 
                 Keinginan untuk segera memilih jalan hidup ini muncul setelah seorang teman, sebut saja namanya Andy Setiadi calon sarjana hukum dan Rizky Ramadhani calon sarjana humaniora, menanyakan apa rencana saya setelah kuliah. Sebenarnya ini pertanyaan yang sederhana, yang juga sering saya tanyakan pada teman dan pacar saya, namun yang membuat saya berpikir ulang adalah ia menegaskan bahwa saya harus segera menentukan tujuan dari sekarang bila benar-benar ingin sukses. Menurutnya rencana yang jelas sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan dengan sukses. Sebenarnya saya juga sudah sangat sering mendengar teori ini, dan saya juga cukup percaya. Saya bahkan sudah menentukan target-target saya di masa depan, meskipun sayangnya saya masih belum memiliki rencana-rencana pasti untuk mencapainya. Saya takut jika rencana-rencana tersebut akan menghambat kebebasan saya. Namun, entah mengapa setelah mereka yang berbicara tentang hal ini, saya jadi benar-benar berpikir. Membuat saya mulai bergerak menyusun rencana-rencana, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan. Saya butuh setidaknya penghasilan 3 Juta tiap bulan selama masa 3 tahun setelah saya lulus kuliah. Setelah masa itu, harus terus meningkat. Kebutuhan ini berasal dari berbagai hitungan yang rumit, Kawan.
               Sebelum menentukan karir mana yang saya pilih, saya terlebih dahulu berusaha mengenali potensi diri. Saya saat ini bekerja sampingan di sebuah lembaga bimbingan belajar dan ditempatkan di sebuah SD. Selain itu, saya juga menjadi editor lepas sebuah penerbit di Jakarta Selatan, di sini status saya lebih pantas disebut "editor lepas dalam bimbingan". Saya juga berprofesi sebagai pemimpin redaksi sekaligus penata letak buletin (yang segera menjadi majalah) kebudayaan Jawa independen "Madubranta". Saya juga sering ikut lomba desain grafis untuk mencari uang.
                 Berdasarkan keterangan di atas, saya memutuskan untuk mulai mencari informasi karier sebagai editor dan dosen. Saya juga tertarik untuk bekerja di bank BUMN dan Telkomsel setelah tahu besarnya gaji di sana. Entahlah, sampai sekarang saya masih bingung. Jika nanti saya benar-benar telah berhasil membuat rencana dan tercapai dengan sukses, tulisan ini akan menjadi saksi jasa dua sahabat saya.

~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

Entri Populer

+

Blogger templates

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch